Ini Lima Perbedaan Hadis Qudsi dan Al-Qur’an

Ini Lima Perbedaan Hadis Qudsi dan Al-Qur’an

Nabi Muhammad Saw sebagai rasul bertugas menyampaikan perintah-perintah Allah Swt dan juga larangan-larangan-Nya pada manusia. Secara umum perintah dan larangan Allah yang disampaikan Nabi terklasifikasikan menjadi dua, yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Perbedaan antara keduanya sudah jelas. bahwa dalam menyampaikan Al-Qur’an Nabi Saw berperan sebagai penghubung, maksudnya perintah yang ada di Al-Qur’an langsung dating dari Allah Swt, maka dalam menyampaikan Al-Qur’an Nabi Saw akan mengatakan “Allah Swt berfirman…”.

Berbeda dengan hadis yang mana Nabi Saw sendiri yang melarang dan memerintah, meskipun secara esensi itu juga perintah dan larangan Allah Swt. Namun, ada hadis yang mana langsung diwahyukan Allah Swt, yaitu yang kita kenal dengan sebutan Hadis Qudsi. Lalu apa perbedaan antara Hadis Qudsi dan Al-Qur’an jika keduanya sama-sama diwahyukan langsung oleh Allah Swt? Sayyid Abdullah Al-Ghumari, dalam Al-Hawi li Fatawa Al-Hafizh Al-Ghumari mengatakan bahwa ada lima perbedaan antara Hadis Qudsi dan Al-Qur’an.

Pertama, Al-Qur’an hanya disampaikan melalui malaikat Jibril, sedangkan Hadis Qudsi tidak selalu disampaikan oleh Malaikat Jibril.

Kedua, Al-Qur’an diturunkan ketika Nabi Saw dalam keadaan terjaga, sedangkan Hadis Qudsi tidak hanya ketika terjaga, namun juga diturunkan melalui mimpi.

Ketiga, Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt dalam bentuk yang telah baku makna serta teksnya, artinya Nabi Saw menyampaikan sebagaimana ayat tersebut turun, sedangkan Hadis Qudsi, diturunkan maknanya saja, redaksi teksnya dibuat oleh Nabi Saw, maka diperbolehkan meriwayatkan kandungan maknanya saja tanpa harus menggunakan redaksi yang sama persis, sebagaimana hadis-hadis lain.

Keempat, Al-Qur’an adalah sebuah bentuk mukjizat bagi Nabi Saw, sedangkan Hadis Qudsi tidak demikian.

Kelima, Al-Qur’an diriwayatkan secara turun-temurun dengan mutawatir, maksudnya mushaf yang kita jumpai sekarang adalah mushaf yang dijumpai umat Islam sebelum kita. Tidak ada satu huruf pun dalam Al-Qur’an yang tidak mempunyai sanad yang sampai kepada Nabi Saw. Berbeda dengan Hadis Qudsi yang mana ada yang berstatus dhaif, bahkan maudhu’. Demikianlah inti dari lima perbedaan yang disampaikan Sayyid Abdullah Al-Ghumari. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Close Menu